Langsung ke konten utama

Gunung yang cocok untuk pemula daerah jabar, (bertahap)

Hay Good People,  assalamu'alaikum
Kali ini saya akan kasih tau gunung mana aja sih yang cocok untuk pemula.. Dan dekat dari bandung,  karna buat pemula gausah banyak banyak dulu gunung yang harus di daki,  bila ke tiga gunung ini sudah kalian daki insyallah gunung apa pun yang masih ada di daerah jabar pasti kalian akan sampai ke puncaknya..


1. Gunung Manglayang



Gunung Manglayang adalah sebuah gunung bertipe Stratovolcano yang terletak di antara Kota Bandung dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Indonesia dan memiliki ketinggian sekitar 1818 mdpl. Pemandangannya cukup indah, tetapi karena relatif tidak terlalu tinggi, sehingga kurang dikenal oleh pendaki-pendaki gunung pada umumnya.
Gunung ini sangat cocok untuk pemula karena gunung nya tidak terlalu tinggi dan tracknya bergaram, dari terjal,  landai,  berakar dll.
Gunung ini punya 2 jalur legal
Yang pertama batu kuda,  kedua barubereum.
Dan ada jalur ilegalnya jalur ozon,  dan cilengrang.
Rata rata waktu pendakian 2 jam

2. Gunung Bukit Tunggul



Gunung Bukit
Tunggul atau Bukittunggul merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung Bukit Tunggul mempunyai ketinggian setinggi 2209 meter.
Gunung ini merupakan salah-satu sisa dari hasil letusan besar Gunung Sunda Purba di Zaman Prasejarah.
Gunung Bukit Tunggul merupakan puncak tertinggi yang dimiliki Pegunungan Bandung Utara atau Pegunungan Lembang.
Kalo kalian ingin mendaki gunung ini harus hati hati karena gunung nya yang jarang di daki orang dan lagi jalurnya belum begitu jelas,  kenapa saya memasukan gunung ini cocok untuk pemula karena dari tracknya yang sudah semakin mantap,  tracknya jarang bonus,  licin,  akar dan berkelok kelok,  banyak sekali pertigaan jalur,  biasanya pendaki suka keliru sama jalur pendakian dan jalur para petani setempat,  rata rata jarak tempuh dari kaki gunung hingga puncak normal 3-6 jam.

3. Gunung guntur



Gunung Guntur  adalah sebuah gunung berapi bertipe stratovolcano yang terdapat di Sirnajaya, Tarogong KalerKabupaten GarutJawa Barat, dan memiliki ketinggian.2249 mdpl.
Nah gunung guntur ini memiliki track tanah,  akar,  batu,  dan kerikil.
Sebelum kalian mendaki gunung ini,  yang harus kalian perhatian dari segi fisik,  mental,  dan yang paling penting DUIT BOSSS...

Biasanya gunung Guntur ini menjadi arena latihan gunung Semeru,  Slamet, dll. 
Gunung ini relatif tinggi, dan ekstrim,  kalangan pendaki pemula biasanya mendaki ke gunung ini,  tetapi alangkah baiknya sebelum ke gunung ini kita harus pernah ke gunung gunung ketinggian 1000 ke atas agar otot otot tidak kaget.
Normal pendakian sampai pos 3, 3-4 jam
Normal pendakian summit 2,5 - 4 jam
Di gunung guntur ini jangan takut ke habisan air,  karena di pos 2, dan 3 ada mata air.
Saran saya kalo mau ke gunung guntur minimal bawa powerbank tilu siki wae mah,  soalnya sinyal nya manteng terussss..

Jiga kalian ingin mendaki ke 3 gunung tersebut saya sarankan untuk bertahap dari manglayang,  bukittunggul,  sampai guntur,  bila kalian sukses mendaki ke 3 gunung tersebut insyaallah kalian pasti sampai ke gunung 3000 mdpl.

Nah ketiga gunung tersebut adalah arena latihan saya wkwk bukan sombong tetapi sebelum saya mendaki gunung gunung luar jabar biasanya saya latihan di gunung gunung tersebut.

Jangan lupa ya follow IG
https://www.instagram.com/anggadiningrat_/

Tengkiayy

Wassalamu'alaikum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hajat di Danau gunung tujuh

Danau Gunung Tujuh Danau Gunung Tujuh merupakan danau yang terletak di  Kabupaten Kerinci , Jambi. tepatnya di  Desa Pelompek ,  Kecamatan Kayu Aro . Danau ini berada di kawasan  Gunung Tujuh , sebuah gunung yang berada tepat di belakang  Gunung Kerinci . Gunung Tujuh masih termasuk dalam wilayah  Taman Nasional Kerinci Seblat  yang merupakan  Situs Warisan Dunia UNESCO . Bagi pendaki gunung, Kerinci mungkin menjadi tujuan utama karena gunung tersebut merupakan gunung aktif tertinggi di  Indonesia  [3805 mdpl], tetapi bagi wisatawan yang ingin sekadar menikmati keindahan alam  Kabupaten Kerinci , Danau Gunung Tujuh bisa menjadi pertimbangan sebagai tujuan wisata. selain memiliki panorama alam yang menakjubkan, jalur yang dilalui juga jauh lebih mudah daripada  Gunung Kerinci . Danau Gunung Tujuh juga merupakan salah satu  Danau  tertinggi di  Indonesia , Danau ini berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut dan merupakan danau yang berada diketinggian nomor dua

Pendakian gunung Arjuno Welirang (Tretes)

Sepenggal perjalanan gunung Arjuno - Welirang Awal nya niat saya mau mendaki gunung merbabu,  namun saya sedikit cerita kepada guru saya dan beliau menyarankan untuk ke gunung Arjuno dan Welirang. Pada hari Kamis 14 maret 2019 saya dan rekan saya Bode berangkat dari bandung ke stasiun wonokromo(surabaya)  kami berdua berangkat pada pukul 5.35 dan tiba di surabaya pada pukul 22,30 perjalanan yang cukup melelahkan. Setelah sampai di stasiun kamipun mencari makan karena perut sudah bernyanyi hihihi Disana lumayan panas hawanya gatau kenapa malam malam gak kerasa dingin hihihi,  setelah makan kami bingung akan beristirahat dimana,  lalu saya pun mengasih tau guru saya dan alhamdulillah guru saya punya kenalan yang rumahnya dekat dengan stasiun wonokromo,  setelah beberapa saat teman guru saya datang dan menjemput saya sama Bode. .  Sesudah sampai di rumah temennya guru saya, saya dan Bode langsung beristirahat.. Ke esokannya  kamipun bergegas untuk melanjutkan perjalanan menuju t

Pendakian gunung tertinggi kedua INDONESIA

Solo Hiking INDRAPURA (Kerinci) Hallo gaes, assalamu'alaikum..kali ini saya akan menceritakan sedikit cerita tentang pendakian gunung Kerinci. Sebelum nya saya akan menjelaskan sedikit tentang gunung INDRAPURA (Kerinci) https://www.instagram.com/anggahikers/ Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Sumatra, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua. Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang Provinsi Sumatra Barat. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra. Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 mdpl, di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, di sini pengunjung dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Gunung Kerinci memiliki kawah s